Belajar Al-Quran : Al-Mu’minun (1)

“ٌقد أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ”

“Sungguh telah menang orang-orang mukmin.” (QS. Al-Mukminun (1)

Kat “قد” (sungguh.pen) menunjukkan kepada ‘perkara’ yang telah terjadi dan pembenarannya.

Kata “أفلح”  (telah menang.pen) adalah menunjukkan keadaan orang-orang mukmin. Dan Syeikh Al-Zamakhsyari mengatakan bahwa ‘kemenangan’ itu digambarkan dengan fi’il madhi (kata kerja yang menunjukkan kepada masa lalu/past tense) yang memberi kabar gembira ‘bahwasanya’ benar-benar telah menang orang mukmin di akhirat kelak.

Dan makna “أفلح”  adalah memperoleh apa yang diminta dan selamat dari sesuatu yang menakutkan. Artinya, “Mereka telah menang dengan (mendapatkan) apa yang mereka minta dan mereka telah selamat dari apa yang mereka takutkan.”

Baca juga : Belajar Alquran : Makna al-Isti’adzah

Dan  “الإيمان”      (iman) secara bahasa berarti ‘percaya’. “ Dan tidaklah engkau akan percaya kepada kami walaupun kami adalah orang-orang yang benar.” (QS. Yusuf : 17)

Sedangkan ‘iman’ secara istilah menurut jumhur ulama Al-Asyaa’irah dan Al-Maturidiyah adalah, “percaya dengan hati, artinya : percaya kepada nabi kita Muhammad SAW. terhadap apa yang dibawanya dan apa yang diajarkannya tentang agama dengan patuh.”

Jadi seseorang sudah bisa dikatakan beriman jika dia sudah membenarkan atau percaya dengan apa yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Referensi:

Tafsir Tahlili As-surah Al-mu’minun, Dr. Ali Himat Ahmad Sholih

 

Iklan