Belajar Alquran : Makna al-Isti’adzah

Sebelum membaca kitab suci Alquran kita diperintah pertama kali untuk membaca kalimat al-Isti’adzah. Apa itu kalimat al-Isti’adzah? Kalimat al-Isti’adzah dalam Bahasa Arab artinya adalah meminta perlindungan. Dan di dalam hal ini kita meminta perlindungan Allah Ta’ala dari bisikan was-was oleh setan yang terkutuk.

Al-Isti’adzah diperintahkan secara khusus dalam Islam ketika hendak ada niatan untuk membaca Alquran al-Kariim.  Sebagaimana firman Allah SWT,

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Apabila kamu (ada niatan) membaca al-Quran maka mintalah olehmu perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (Q.S an-Nahl : 98)

Kenapa harus membaca al-Isti’adzah ketika hendak membaca Alquran? Dikarenakan setan akan senantiasa mendatangkan gangguan kepada hamba-hamba-Nya yang berkeinginan membaca Alquran.

Kenapa setan berkeinginan sekali untuk mengganggu? Sebab setan tidak ingin hamba Allah mendapatkan hidayah atau petunjuk ketika membaca Alquran.

Setan sama sekali tidak butuh usaha untuk menyesatkan hamba Allah yang berkeinginan untuk bermaksiat, karena hamba yang bermaksiat itu akan menggelincir sendiri untuk terjun ke dalam lubang kotoran tersebut. Dan setan akan sangat berusaha untuk menghalangi seorang hamba yang ingin mendapatkan hidayah dari Allah Ta’ala, karena Alquran adalah sumber hidayah sedangkan setan adalah sumber kesesatan.

Dengan demikian, maka datanglah perintah untuk membaca kalimat al-Isti’adzah ketika ada niatan membaca Alquran, sehingga setan-setan tidak dapat menghalangi manusia untuk mendapatkan faedah, maksud dan manfaat dari petunjuk yang diberikan oleh Allah Ta’ala melalui ayat-ayat-Nya.

Sungguh setan tidak akan menyesatkan manusia dengan cara paksaan, melainkan hanya dengan menghembuskan rasa was-was atau rasa takut kepada diri manusia yang pada akhirnya akan menghantarkan manusia kepada keburukan.

Terdapat banyak ayat yang berisikan tentang meminta perlindungan kepada Allah Ta’ala.  Seperti ayat-ayat pendek di akhir juz 30; surat al-Falaq dan an-Nas, yang menyuruh kita untuk berlindung dari gangguan setan jin dan manusia.

Dan ulama telah bersepakat bahwa kalimat al-Isti’adzah bukan termasuk kedalam bagian dari Alquran, melainkan adalah sebuah perintah yang dibaca ketika ada niatan untuk membaca Alquran.

Sekian dan klik share jika bermanfaat. 🙂

Iklan