Belajar Alquran : Mukadimah

Innal hamda lillah wa syukurillah wa asyahadu an laa ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar rasulullah. Amma ba’d

Segala puji bagi Allah; Tuhan pemilik semesta Alam yang mana telah memberikan rahmat dan karunia-Nya yang begitu besar kepada sekalian manusia dan kita berlindung dari kufur kepada anugerah-anugerah-Nya.

Ini adalah mukadimah untuk halaman baruku yang in syaa Allah bakal diliris di blog kini. Halaman itu berisi daftar isi dari tulisan-tulisan tentang ‘Belajar Alquran’ yang akan kutulis in syaa Allah kedepannya.

Apa itu ‘Belajar Alquran’? ‘Belajar Alquran’ adalah sebuah tulisan berkesinambungan yang akan membahas tentang tadabbur atau penghayatan terhadap ayat-ayat Alquran yang telah kupelajari dan kutelaah. Bisa disebut kesimpulan atau catatanku pribadi, yang mana pastinya jauh dari kesempurnaan.

Kenapa memilih judul ‘Belajar Alquran’? Bukan ‘Tafsir Alquran’ saja? Karena dalam kata ‘belajar’ kita tidak terlepas dari kesalahan. Sedangkan ‘menafsir Alquran’ adalah derajat paling tinggi bagi seorang penuntut ilmu, yang mana dia sudah harus menuntaskan lima belas cabang keilmuan terlebih dahulu, seperti yang disebutkan oleh Imam Jaluddin as-Suyuti dalam kitabnya al-Itqan fii Ulumil Quran.

Di dalam satu tulisan akan dibahas satu ayat saja. Supaya tidak memberatkan penulis sendiri dan bisa lebih mendalam dalam menghayatinya. Harapannya bisa dikerjakan one day one ayah¸ hehe. Semoga kesampaian.

Kenapa sampai kepikiran untuk menulis yang seperti ini?

Pertama, karena memang ini adalah kewajiban kita sebagai seorang muslim, yang mengakui dengan dua kalimat syahadatnya, untuk terus memahami kalam Allah yang termaktub dalam mushaf Alquran tersebut disetiap waktunya dan tidak boleh terlepas darinya barang sehari.

Kedua, sebagai wadah berbagi dan bertukar ilmu tentang ilmu-ilmu yang ada di dalam Alquran. Karena ilmu dan hidayah Allah tak terbatas oleh tempat dan waktu, bisa didapatkan dimana saja jika Allah berkehendak.

Ketiga, untuk mengasah kemampuan diriku peribadi dalam memahami dan menelaah ayat-ayat Alquran. Harapannya, dengan ini aku bisa sedikit terpacu dan membuat diri ini semakin berminat (baca : jatuh cinta) terus dan terus tanpa henti kepada Sang Pemilik Kalam nan Agung ini.

Semoga bisa berbagi manfaat, dan tentunya tanggapan dan masukan dari teman-teman sangat diharapkan nantinya.

 

Iklan