Tiga Manfaat dari Membaca Basmallah

image

Ada apa dengan basmalah?
Bismillahirrahmaanirrahiim…
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Bismillah, huruf “bi” yang diawal dinamakan dengan “bi istianah” dalam kaidah bahasa Arab. Isti’anah berati meminta tolong, yang secara penuh diartikan “dengan meminta pertolongan kepada Allah.”

Disini saya hanya membataskan dengan kalimat bismillah dari segi makna dan fungsinya.

Ketika dinyatakan, dengan menyebut (meminta pertolongan) nama Allah, disinilah persoalannya dimulai. Ketika seorang hamba dalam melakukan suatu pekerjaan, diminta untuk mengawalinya dengan membaca basmallah, apapun macam pekerjaannya; mulai dari belajar, bekerja, makan, minum, bepergian, mengandarai mobil dan sepeda motor, bersepeda, memasak, memakai pakaian, menutup pintu dan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu, dikarenakan saking banyaknya amalan-amalan yang dilakukan dari bangun tidur hingga tidur kembali.

Mulai muncul pertanyaan, kenapa harus dimulai dengan basmallah? Kenapa harus dibiasakan untuk membaca basmallah? Apa maksudnya disini? Apa yang diinginkan Allah dengan basmallah ini?

Semuanya dijawab,
1. Karena dengan membaca basmallah seorang hamba dinilai “beribadah” dengan melakukan pekerjaan tersebut.
2. Dengan membaca basmallah, berarti seorang hamba sudah meminta pertolongan untuk dimudahkan Allah Ta’ala dalam melakukan setiap amalan dan perkerjaannya.
3. Dan terakhir, apakah pernah seseorang yang berniat “bermaksiat” membaca “basmalah” dalam melakukan kemaksiatan tersebut?

Disinilah poin intinya, apakah dengan membaca basmallah tersebut, seorang insan yang terus menerus membacanya hingga menjadi kebiasaan bahkan kharakter akan rela untuk melakukan maksiat, setelah nilai-nilai yang terkandung didalam basmallah itu bergema dalam dirinya? Tentu saja tidak, karena ketika membaca nama Allah Ta’ala, tampaklah kebesaran Tuhannya dan ketakutan terhadap Tuhannya.

Itulah salah satu dari sekian banyak makna yang terkandung di dalam bacaan Basmallah. Wallahua’lam.

Sekian, semoga bermamfaat.

Iklan