Bersenang Diri dengan Ilmu dan Amal

A‘udzubillahi minasyaithonirrajiim

image

Maka kebaikan apa yang didapati dari bertambahnya harta dan berkurangnya umur?!

Maka janganlah engkau merasa senang kecuali dengan bertambahnya ilmu dan amal, maka sesungguhnya dengan kedua itulah yang akan menolong dan menemanimu dalam kubur nanti. Dimana yang lainnya tidak bisa menolong kamu; keluargamu, hartamu, anakmu dan teman-temanmu.  

Itu sepatah kalimat yang kubaca dari sebuah kitab.  Apalagi yang akan memberikan mamfaat kalau lah tidak ilmu ataupun amal.

Ketika kita berbahagia dengan bertambahnya harta, seolah-olah hanya harta lah yang berharga. Ingat, harta tidak akan bisa dibawa mati.

Malah harta yang terkadang memalingkan kita dari kebahagiaan yang hakiki. Disaat harta sudah memenuhi relung hati, tentu itu adalah sebuah kecelakaan yang sejati.

Maka tuntutlah ilmu dimanapun kita berada dan perbanyaklah amal selagi nyawa masih dikandung badan. Serta minta ampunlah terhadap dosa-dosa yang dapat menghalangi kita dari “datangnya seruan ilmu dan berbuat baik”.

Semoga Allah Swt. Memberikan taufiq dan hidayah-Nya. Dan juga membukan bagi kita jalan-jalan kemudahan dalam menuntut ilmu.

Iklan