Cerita Kehidupan

Kadang kehidupan tidak berjalan mulus seperti apa yang kita harapkan. Banyak hal yang kita ingin lakukan dan kemudian hari apa yang terjadi? Kenyataannya berbeda dengan bentuk yang kita pikirkan. Lalu bagaimana tindakan kita? Apakah hanya akan berdiam diri dan membiarkan semuanya terjadi ataukah mulai berusaha untuk mendapatkan sesuatu hal yang baru?

Diriku pernah menemukan suatu kutipan yang mengatakan, “Kerjakanlah hal-hal yang dapat engkau kerjakan, walaupun itu satu hal saja, setidaknya dengan begitu sudah ada hal-hal baru bisa engkau tambahkan dalam hidupmu.” Kira-kira demikian kalimatnya. Dan memang tidak diayal, baiknya kita untuk melakukan suatu pekerjaan yang baru setiap hari. Menambahnya dengan hal-hal dan wawasan baru. Berbuatlah dan jangan sampai dirimu menyesal dikemudian hari.

Tidak bisa kuelakkan, dirikupun banyak bertemu kegagalan demi kegagalan dalam hidup ini, serta berbagai macam penyesalan dikemudian hari. Lantas apa, mestikah diriku menyesali seluruh kejadian tanpa berbuat suatu? Menikmati penyesalan-penyesalan yang ada? Kemudian apa mamfaatnya? Nothing, tidak ada, hanya menambah beban pikiran saja tidak.

Sifat perfeksionis yang telah merasuk dalam diriku kadang membuat semua hal yang terlihat mudah menjadi sedemikian beratnya. Bolehkah demikian? Menerima apa adanya dan bertenang diri dalam “keidealan semu” yang tidak ada habisnya.

Satu prinsip yang kupegang adalah, “Diantara kebaikan seorang muslim adalah ditinggalkannya hal-hal yang tidak menghendakinya.” Setidaknya prinsip ini tetap membuatku tenang berjalan dalam rel kereta kehidupan ini.

Dan kemudian adalah “fokus”, satu kata yang mudah diucap dan dalam penerapan dilapangan terkadang mudah buyar. Hal itu terjadi ketika dirimu telah berada didalam jalur “fokus” dan sampai datanglah hal-hal yang mengganggunya. So, stay focus.

Itu saja, sekarang diri ini tengah berdiri kembali mengumpulkan seluruh semangat yang bertebaran, harapan-harapan yang telah dirajut dan serta “keikhlasan” dalam menuju diri-Nya Yang Maha Agung.

Semoga Allah Ta’ala memudahkan setiap urusan dan langkah kita. Be focus and stay read muqorror* 🙂

*muqorror = diktat kuliah.

Iklan