Aku dan Indonesia III : Kamu Tahu,

10393695_10152742158427328_2091196941463699910_n

Kamu tahu, ketika dilahirkan ke dunia ini kita dalam keadaan telanjang dan kemudian dibaluti dengan kain panjang yang berwarna-warni.

Kamu tahu, ketika akan meninggalkan dunia inipun juga dalam keadaan telanjang dan kemudian dibaluti dengan kain kafan yang berwarna putih.

Diri ini, sebelum melakukan perjalanan pakaian kita dalam keadaan bersih. Kemudian kita mulai berjalan hilir mudik kesana kemari, tak terasa pakaian ini sudah ditempeli oleh kotoran dan noda. Dan ketika gelap menghampiri kitapun mulai beranjak pulang dan bertemu mata air. Kita ingin membersihkan diri dari segala kotoran dan noda yang melekat, sebelum akhirnya menginjakkan kaki di rumah kita yang bersih dan indah.

Seperti itu juga perjalanan kita menuju hadirat ilahi. Kita dilahirkan dalam keadaan suci bersih dari dosa. Seiring berjalannya waktu, diri yang suci ini kemudian mulai dilekati oleh maksiat dan dipenuhi dengan dosa. Kita diminta untuk “membersihkannya” sebelum kita mengakhiri perjalanan di dunia. Kita diminta kembali untuk menjadi suci seperti awal mula kita mulai menginjakkan kaki ke dunia ini.

Mulailah saling mengingatkan dalam hal “pembersihan diri”. Ingatkan dan mintalah nasehat untuk diri ini, bukan dengan cara menghakimi diri atau mulai menyalahkan kawan sendiri.

Semoga “cahaya ilahi” selalu turun menghiasi kehidupan ini. Dan bersuka cita ketika memasuki “Jannah-Nya”.

Ighfir lana ya Rabb..

Iklan