Seribu Kilometer menuju Mesjid

Ashsholatu imaduddin, sholat itu tiang agama. Saya rasa sebagian besar umat Islam sudah familiar dengan kalimat tersebut. Kemudian dengan kata-kata waaqiimush sholah, dan dirikanlah sholat, kalau dengan kata-kata yang satu ini jangan ditanya lagi, acapkali mereka temukan didalam al-Qur’an. Kata-kata sholat adalah sesuatu yang tidak asing lagi bahkan dikalangan non muslim sendiri. Sayang sebagian dari masyarakat Islam sekarang masih ada yang tidak tahu akan urgensi sholat bagi kehidupannya di dunia dan akhirat, dan ada juga sebagian yang mengetahuinya akan tetapi tidak melaksanakan dan menyampaikannya. Nau’dubillah min dzalik.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang keutamaan pergi melaksanakan sholat ke rumah-rumah Allah Ta’ala atau masjid.

Dari Abi Hurairah Radhiyallahu’anhu: Bahwa Nabi Sholallahu ‘alaihi wassalam, telah berkata : ((Siapa yang pergi di waktu pagi ke suatu masjid atau berangkat diwaktu sore, Allah menyediakan baginya di surga sebuah rumah bilamana dia pergi di waktu pagi atau pergi di waktu sore)) Muttafaq ‘alaihi.

Dari hadist diatas kita dapati bahwa siapa saja yang pergi melaksanakan sholat pada waktu pagi ataupun pada waktu sore ke suatu masjid, maka Allah Ta’ala menyediakan baginya sebuah rumah di surga. Siapa coba yang tidak ingin diberikan sebuah rumah di surga. Bayangkan saja, di Indonesia untuk membangun sebuah rumah butuh uang berpuluh, beratus dan bahkan bermiliyaran juta, belum lagi waktunya yang akan dihabiskan ada yang setahun, dua tahun dan bahkan bertahun-tahun untuk membangunnya. Akan tetapi kali ini Allah Ta’ala memberikan rumah tersebut secara cuma-cuma bagi siapa saja yang pergi melaksanakan sholat ke masjid. Jikalau dia pergi melaksanakan sholat wajib lima kali sehari saja maka dia sudah mendapatkan lima buah rumah dalam waktu sehari, seratus lima puluh dalam waktu sebulan dan coba hitung setahun, dua tahun bahkan jika ia pergi melaksanakan sholat ke masjid seumur hidupnya. Subhanallah.

Dan dari Abi Musaa radhiyallahu ‘anhu, telah berkata : Telah berkata Rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam: (( Sesungguhnya yang paling besar bagi manusia pahala dalam sholat adalah yang paling jauh dari mereka berjalan kepadanya (sholat.pen), dan yang paling jauh lagi, dan orang yang menunggu sholat sampai dia melaksanakan sholat  bersama imam lebih besar pahalanya dari orang yang melaksanakan sholat kemudian dia tidur)) Muttafaq ‘alaihi.

Dan dari hadist diatas kita dapati dua macam pahala, pertama pahala bagi siapa yang pergi melaksanakan sholat, dan yang kedua adalah pahala bagi siapa yang menunggu sholat dan melaksanakan sholat bersama imam dan yang dimaksud disini adalah sholat jema’ah.

Setelah membahas dua hadist diatas, jelaslah bagi kita akan ‘’keutamaan berjalan ke masjid-masjid’’, semoga kita dijadikan sebagai ahlulmasajid, orang-orang yang memenuhi masjid-masjid Allah Ta’ala. Wallahu a’lam Bisshowwab.

Gambar

Iklan