Setahun Berpuasa untuk-Mu

Memang tidak terasa bulan puasa Ramadhan telah berlalu pergi  meninggalkan kita, syahrul  yang didalamnya terdapat banyak keberkahan serta pahala yang berlipat ganda. Sangat beruntung bagi siapa saja yang memamfaatkannya dan berusaha serta gigih dalam mendapatkan darinya lailatul qadar, malam yang lebih baik daripada seribu bulan layaknya kita hidup.

Saya pernah mendengarkan sebuah ceramah dari salah seorang ustadz saya ketika di pondok dahulu, bahwa dalam setahun kita menjalani hidup, kita juga butuh waktu untuk memberikan istirahat terhadap lambung kita yang terus menerus bekerja tanpa henti dalam melayani kita. Layaknya mesin yang butuh waktu istirahat, maka diadakanlah puasa wajib Ramadhan sebagai alternatif bagi kita semua untuk memberikan waktu istirahat bagi lambung. Dan banyak lagi hikmah dari puasa Ramadhan yang belum sempat saya sebutkan.

Sekarang kita sudah memasuki masa-masa dibulan Syawal, masa yang didalamnya kita rayakan didalamnya hari ‘idul Fitri, itu sudah lewat dan juga melaksanakan puasa sunnah. Nah, puasa sunnah apakah itu? Yah karena dilaksanakan didalam bulan Syawal maka dinamai dengan “Puasa Enam Hari dibulan Syawal”

Dari Abi Ayyub radhiyallahu ‘anhu: bahwa Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wassalam, telah berkata: ((Siapa yang berpuasa dibulan Ramadhan kemudian mengikutinya enam hari dari bulan Syawwal, adalah dia seperti berpuasa satu tahun penuh)) Hadist Riwayat Muslim.

Siapakah gerangan yang tidak menginginkan pahala yang sedemikian rupa. Beruntunglah umat Muhammad Sholallahu ‘alaihi wassalam yang telah dianugrahi pahala yang besar dengan melaksanakan amalan yang kecil. Alhamdulillah ‘ala kulli ni’mataka ilaina Ya Rabb.

Selamat berpuasa.

Gambar

Nb: Sekarang masih tanggal 11 Syawwal 1434 H, kamu masih mempunyai waktu barang 18-20 hari lagi. Gambatte

Iklan