Jalanilah Hidupmu Semaksimal Mungkin.

Belakangan ini di kampungku nan indah lagi elok rupawan, tepatnya di Indonesia tengah dirundung banyak kabar kemalangan dan kematian, sebelumnya kita telah mendengar bahwa ustadz Jefri Al-Buchary meninggal dunia ditempat kejadian akibat kecelakaan. Dan juga barusan saya mendapatkan kabar bahwasanya adik kelas saya juga telah menghadap ke hadirat Ilahi Rabbi. Dan kemarinpun saya juga mengikuti shalat jenazah orang Mesir.

Ya Rabbana, memang setelah nyawa ruh kami engkau hembuskan kedalam Rahim ummahat kami Engkaupun secara langsung telah menetapkan akan rezki, ajal dan lain sebagainya. Engkau tidak akan mengurangi bahkan menambah akan seluruh ketetapan yang telah Engkau tetapkan kepada kami ya Tuhan kami. Maka Ya Allah Ya Ilahi, mohon ampun atas segala dosa yang telah kami perbuat, kami lalai sebagai hamba-Mu, kami terkadang lupa akan siksa-Mu, dan kami terkadang lupa akan tujuan kami dikehidupan dunia ini. Tidak lebih dan tidak kurang hanyalah sebagai pengembara yang tengah singgah dibawah pohon yang teduh dalam perjalanan  menuju akhirat-Mu kelak.

Ya Rabbana ya Tuhan kami, kami terkadang lupa akan apa yang telah Engkau perintahkan dan lalai terhadap apa yang telah Engkau larang. Ya Ilahi Rabbi, daya dan upaya kami juga tidak sanggup menandingi kasihmu kepada kami. Walaupun hamba-Mu menangis sepanjang hari, bulan bahkan tahunpun tidak sebanding  dengan rahmat-Mu yang begitu melimpah dan ampunan-Mu yang begiru ruah.

Siapakah kami? Tidak lain dan tidak bukan hanyalah seonggok tanah yang diberi ruh. Siapakah kami? Tidak lebih dan tidak kurang hanyalah setetes air yang hina dan dijadikan-Nya seonggok daging dan keluar dari tempat yang hina. Diberi kehidupan dan kemudian juga kembali ketempat yang hina.

Hina, seperti itukah? Sebaik-baik kembali hanyalah Allah Ta’ala. Kemana lagi engkau akan berjalan? Apakah reingkarnasi yang engkau banggakan?, Tidak sama sekali tidak. Hanya kepada Allah lah engkau semua akan dikembalikan hingga duniapun enggan akan menerimamu.

Allahummaghfir lana. Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami yang telah menggunung tinggi.

Iklan